Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan memiliki visi, misi, tujuan dan Karakteristi sebagai berikut :
Visi :
Terwujudnya generasi Qur’ani pengemban risalah Islam,
berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, terampil dalam hidup dan siap memasuki
jenjang pendidikan selanjutnya.
Indikator Visi :
1. Siswa mampu membaca, menghafal dan memahami Al-Qur’an.
2. Terbentuknya syaksiyah Islamiyah (kepribadian Islami)
pada peserta didik dan semua civitas akademika.
3. Terwujudnya kader dakwah yang tangguh
4. Pembelajaran yang terpadu, menyeluruh dan seimbang antara
aspek fikriyah, ruhiyyah dan jasadiah.
5. Pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik
peserta didik.
6. Pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan islami.
7. Menjadi lembaga yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan
islam yang terintegrasi.
Misi :
1.
Melaksanakan
pembelajaran Al-Qur’an yang terpadu
2.
Membentuk karakter islami pada peserta didik dan semua
civitas akademika
3.
Menyiapkan kader dakwah yang tangguh
4. Melaksanakan
pembelajaran secara menyeluruh dan seimbang antara aspek fikriyah, ruhiyyah dan
jasadiah.
5. Mengembangkan
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik.
6. Menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan,
efektif, dan islami.
7. Menjadikan SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan sebagai lembaga yang
unggul dalam penyelenggaraan pendidikan islam yang terintegrasi.
Tujuan Umum :
Membina
peserta didik untuk menjadi insan muttaqien yang memiliki karakter; aqidah yang
bersih (salimul aqidah), ibadah yang benar (shahihul ibadah), pribadi
yang matang (matinul khuluq), mandiri (qadirun alal kasbi), cerdas
dan berpengetahuan (mutsaqqaful fikri), sehat dan kuat (qawiyul
jismi), bersungguh-sungguh dan disiplin (mujahidun linafshi), tertib
dan cermat (munazhzhom fi syu’unihi), efisien (haritsun ’ala
waqtihi), dan bermanfaat bagi orang lain (nafiun lighoirihi)
Tujuan Khusus :
1.
Mencetak
peserta didik memiliki hafalan Al-Qur’an 6 (enam) sampai 15 juz;
2. Membentuk
peserta didik memiliki sepuluh kompetensi bersih aqidah, matang akhlaknya, shohih ibadahnya, kuat fisiknya, intelek dan cerdas
pemikirannya,
berjiwa pejuang, efisien mengatur waktu, teratur semua urusannya, memiliki
kemandirian dan berguna bagi orang lain;
3.
Menyiapkan peserta didik
untuk menjadi pribadi yang mampu membawa perubahan ke arah
kebaikan di masyarakat;
4.
Menguasai
dan mampu memanfaatkan teknologi
informasi;
5.
Membekali
peserta didik dengan pengetahuan kewirausahaan;
6.
Membiasakan
peserta didik berkomunikasi dengan bahasa arab dan bahasa inggris .
Karakteristik :
1.
Menanamkan nilai Islam dalam setiap kegiatan sekolah dan
pondok.
2.
Mengintegrasikan nilai kauniyah dan qauliyah dalam kurikulum.
3. Menerapkan dan mengembangkan
metode pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan islami.
4. Mengedepankan
keteladanan yang baik (qudwah hasanah) dalam membentuk karakter
peserta didik.
5.
Menumbuhkan lingkungan
yang baik (biah solihah) di sekolah dan
pondok.
6. Melibatkan
peran-serta orang tua dan masyarakat dalam mewujudkan
tujuan pendidikan.
7.
Mengutamakan ukhuwah dalam setiap interaksi antar civitas akademika.
8.
Membangun budaya rawat, resik,
rapih, runut, ringkas, sehat, dan asri. (R5SA).
9.
Membudayakan profesionalitas di kalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar